Belajar SEO di Kelas Blogger Medan

Konten [Tutup]
    Belajar SEO di Kelas Blogger Medan – Di Kelas Blogger Medan keempat ini kali ini kita akan belajar seputaran SEO yang mesti diterapin di blog kita, agar blog kita terlihat lebih oke, seru, dan tentunya dikunjungi oleh banyak orang. Penasaran kan kira-kira bagaimana kelas Blogger Medan kali ini? Langsung aja baca tulisan di bawah.

    Kelas Blogger Medan

    Berbeda dengan Durian Blogger Medan, Kelas Blogger Medan sendiri lebih kaya workshop yang tentunya langsung dipraktekkan. Tentunya topik-topik yang dibahas di Blogger Medan lebih ke arah kebutuhan dari para Blogger saat ini. Nah untuk kali ini, Kelas Blogger Medan akan membahas tentang SEO Optimizer untuk para Blogger. Bertempat di Kantinnetizen, Jl. Hayam Wuruk Medan, sekitar dua puluh Blogger berkumpul untuk belajar bareng tentang SEO. Dipandu oleh Bang Rudi Hartoyo seorang travel blogger dan tentunya founder Medan Wisata, para blogger ini akan diberi tahu bagaimana tips dan trik menerapkan SEO, baik onpage maupun offpage. 


    Kelas Blogger Medan

    Apa itu SEO?

    Kalau kata Bang Rudi sih, SEO itu adalah seni menanam link bagi orang-orang yang membuat/mengelola sebuah website ataupun blog. Tujuannya agar website/blog yang dikelola tersebut bisa secara optimal terindeks oleh mesin pencarian. Untuk kali ini, Bang Rudi menitikberatkan pada mesin pencarian Google karena dianggap cukup populer belakangan ini. SEO ini juga terbagi dua, ada SEO On Page dan SEO Off Page. Berikut akan dijabarkan tentang SEO On Page dan Off Page serta beberapa tipsnya.

    SEO On Page

    SEO On Page sendiri adalah cara-cara bagaimana cara kita dalam mengoptimalkan SEO melalui website ataupun blog yang kita kelola. Ada beberapa tips dan trik yag akan dibagikan Bang Rudi dalam mengoptimalkan SEO On Page.

    1. Google Search Console

    Search Console sendiri fungsinya ada banyak, di antaranya kita bisa melihat bagaimana Google merayapi page blog kita hingga beberapa broken link atau error. Bagi para blogger pun yang belum menerapkan ini langsung diajarin sama bang Rudi gimana cara mendaftar dan memverifikasinya ke blognya masing-masing.

    2. Google Analytics

    Analytics berfungsi agar kita bisa tahu seberapa banyak pengunjung di blog, konten apa yang populer, hingga apa aja yang dilakukan pengunjung di blog kita. Pokoknya Analytics ini bisa membantu kita mereview blog kita secara rinci.

    3. Keyword

    Optimalkan pula keyword yang akan kita tulis. Di sini Bang Rudi juga memberikan beberapa tips bagaimana kita bisa tahu keyword apa aja yang akan kita angkat di blog kita. Udah gitu, kita juga diajarin bagaimana penempatan keyword yang baik di tulisan yang akan kita publish di blog kita. Pokoknya yang gak ikutan nyesellah.

    4. Konten

    Konten sendiri juga perlu dalam pengoptimasian SEO. Bang Rudi juga ngasi tahu gimana caranya membuat konten yang bagus, kira-kira berapa kata yang bagus, hingga membuat Table of Content yang tentunya sangat berpengaruh pada SEO.

    5. Internal Link

    Bang Rudi juga ngasi tips gimana kita menanam link-link yang menarik agar blog kita bisa secara optimal dirayapi Google. Selain itu, cara-cara cantik membubuhi link agar tidak dinilai sebagai spam.

    6.Optimasi Gambar

    Karena Google hanya bisa mengindeks teks, Bang Rudi juga ngasi tau gimana cara cantiknya agar Google mengindeks Gambar kita melalui title dan alt pada foto kita.

    7. Permalink

    Untuk permalink sendiri, agar kelihatan lebih rapi tampilan url-nya bisa kita custom. Fungsinya juga agar Google bisa lebih mudah mengindeks keyword yang kita kejar.

    SEO Off Page

    Sementara SEO Off Page sendiri kebalikan dari On Page, yaitu bagaimana kita mengotimasi blog kita di luar dari blog kita sendiri. Berikut akan dijabarkan kira-kira langkah-langkah apa yang bisa kita terapkan dalam SEO Off Page

    1. Social Media

    Sudah lumrah bagi seorang Blogger untuk membagikan link-link blogpostnya melalui sosmed. Ternyata, ini sangat membantu Google juga untuk menrayapi tulisan-tulisan yang ada di blog kita.

    2. Blog dan Forum

    Ternyata, backlink dari teman-teman blogger juga ngefek untuk SEO blog kita. Sering-sering blogwalking dengan menaman link blog kita di komentar juga bisa. Atau bisa juga melalui beberapa forum seperti Kaskus, mana tahu sumber pengunjung blog kamu dari forum online, kan.


    Sebenarnya ada banyak cara untuk menerapi SEO. Namun, karena keterbatasan waktu akhirnya kelas pun diakhiri. Tentunya Kelas Blogger Medan kali ini seru sekali dengan banyak manfaat yang didapati oleh para blogger. Kedepannya Kelas Blogger Medan bisa menjadi wadah untuk kamu belajar agar blog dan sosial media kamu menjadi lebih baik lagi.

    2 komentar:

    1. Setelah selama ini ga fokus sama SEO, seneng betul akhirnya dapet kesempatan belajar.
      Semoga ada kelas lanjutannya sih ya, biar makin pinter. :D

      BalasHapus