Kisah Seorang Nikmal dan Blog


Menurut Nikmal, Blog itu suatu sarana buat seseorang untuk mempublikasikan ekspresinya melalui tulisan, gambar, bahkan video pun bisa tercantum di Blog. Dengan adanya Blog, banyak dari mereka yang ketiban rezeki, termasuk diri Nikmal juga, sih *walau gak banyak yang namanya rezeki, kalo disyukurin, bakalan jadi banyak!*
 
Kali ini, Nikmal bakalan sharing agak berat mengenai Kisah Seorang Nikmal dan Blog. Nikmal itu kenal Blog udah lama, tapi kalo main-main sama Blog itu sih tiga tahun yang lalu waktu SMP. Awalnya pengen-pengen main sama Blog itu karena terinspirasi dari beberapa penulis favorit yang waktu itu suka naruh cerpennya di Blog. Udah gitu, banyak yang bilang kalau cerpen ataupun flashfiction yang Nikmal buat coba dipindahin ke Blog aja. Daripada di Notes Facebook yang gak enak banget untuk dilihat, bagusan dipindah ke Blog dan diedit sesuai dengan yang Nikmal suka.

Akhirnya, Nikmal pun mau main-main sama Blog. Umumnya, orang kalau buat Blog itu lima menit aja udah kelar, eh kalo Nikmal lamanya minta ampun. Dari mikirin nama Blog-nya itu apa, terus situsnya itu apa, sama design-nya itu yang harus bagaimana. Akhirnya, dengan selera yang terbatas, dan kemampuan di dunia Blog yang super minim, maka lahirlah Blog seperti yang sedang kalian pelototin ini.

Tentu Blog ini bukan langsung menjadi kalem adem putih kayak begini. Dulu, waktu pertama kali buat Blog, Nikmal ingat template pertama Blog ini, yaitu tema wood. Kira-kira, begini template wood yang waktu itu Nikmal pilih.

Ini Template Blog Pertama yang Nikmal pake

Lihat sendiri deh dulu Blog ini kayak gimana. Yah, dulu sih itu yang menurut Nikmal cantik, Eh ternyata masih banyak yang lebih cantik lagi. Terus, setelah ganti template dan ternyata sangat sibuk persiapan UN segala macam, jadi Blog ini tertinggal selama hampir setahun.

Nah, setelah masuk SMA dan keluar dari Masa Orientasi dan mulai agak renggang waktu sekolah, akhirnya kepikiran buat ngisi Blog ini. Akhirnya ini Blog langsung mau diganti konsepnya untuk dunia sastra aja, termasuk cerpen dan juga review buku dan sebagainya. Udah gitu, template juga langsung diganti semenjak suka lihat Blog-nya Mas Bernard Batubara. Jadilah waktu itu Nikmal milih template simple dan masih bawakan dari Blogger. *Waktu itu ilmu Blog Nikmal masih dangkal banget!* Dan ini dia penampkan template-nya.
Dari wood menjadi simple

Nah, saat lagi gencar-gencarnya lihat beberapa template orang yang keren-keren, dari sinilah Nikmal mau belajar  gimana caranya buat Blog jadi lebih cantik. Dan Nikmal itu belajarnya melalu suatu komunitas, yaitu Blogger Medan.
Pengalaman Bersama BMC

Nah, Nikmal kenal Blogger Medan itu dari Mbak Dewi, waktu pertama kali dia nge-post sebuah artikel tentang Pengurus Baru Blogger Medan. Dari situ, Nikmal baru tahu kalau di Medan tercinta tempat Nikmal dari dulu hidup itu ada sebuah komunitas Blogger. Waktu itu sih, Nikmal cuman masih mau follow Twitternya @blogger_Medan dan ada rencana buat unfollow kalo gak di follback!. Terus, entah kenapa setelah lihat kegiatan mereka seperti Blogger Medan Community Temu Ramah kok kayaknya ini seru banget, ya!

Akhirnya, waktu ada #KuDis buat Mei, langsung aja Nikmal dateng. Setelah tanya-tanya ini itu sama Mbak Dewi, akhirnya dengan modal capek karena siap pulang sekolah langsung ke Exo Coffee, dan ikutan #KuDis. Dan dari situlah, Nikmal tercatat sebagai Member Blogger Medan. Nikmal juga inget juga hari tanggalnya: waktu itu sih Hari Sabtu tanggal 17 Mei 2014. Duh, kalau ingat-ingat kejadian ini jadi senyum-senyum sendiri.

Pertama kali sih Nikmal jumpa sama Bang Yoga Aizeindra, Bang Rudi Hartoyo, Bang Sabda Awal, sama Bang Davi Lubis. Waktu jumpa mereka berempat sih, yang ada dalam pikiran Nikmal satu: Aih, mereka ganteng-ganteng ya. Kalah deh samaku! Udah ganteng, ramah juga ya!

Terus, karena waktu itu baru dikit yang datang, sempet kenalan juga sama Mbak Hesti yang Nikmal rasa waktu itu Mbak Hesti ini owner-nya Exo Coffee. Udah gitu, Nikmal juga sempet jumpa sama Narasumber #KuDis Mei waktu itu, namanya Bang Riki Suharda yang sampai sekarang Nikmal gak pernah jumpa lagi sama dirinya. yang jelas, Bang Riki ini orangnya baik dan friendly banget.

Udah gitu Nikmal juga jumpa sama Mbak Iyyah, yang bersikeras gak mau dipanggil Mbak sama Nikmal, walau hanya beda dua tahun. Iyyah juga bawa temen, namanya Eca dan orangnya juga baik banget. Gak lupa juga Nikmal sempet kenalan sama Mbak Rinrin yang datangnya waktu itu telat dan Mbak Wina dari Medan Food Blogger

Dari situ juga, Nikmal sempet dikasi comment sama Bang Sabda juga Bang Davi kalo Blog Nikmal ini kurang read more sama font style-nya perlu dirubah. Udah gitu, Bang Riki juga waktu itu sempet bahas tentang template Blog beserta kolomnya. Waktu itu Nikmal dapat pelajaran yang penting banget bagaimana caranya agar pembaca Blog kita nyaman, betah, dan candu dengan Blog kita.

Sampai sekarang, walaupun Nikmal jarang ikut #KuDis, tapi Nikmal rasa Blogger Medan banyak mengubah dan menambah pengetahuan Nikmal tentang Blog. Hingga sekarang Blog Nikmal seperti yang kalian plototin sekarang, mungkin kalau gak ada Blogger Medan, ini Blog gak akan seperti ini.

Dan karena tampilan Blog mungkin yang membuat Nikmal semakin percaya diri untuk me-review banyak buku, dan dari review itu mengalir beberapa hadiah dari Penerbit. Terima kasih banyak Blogger Medan!

Oh ya, Blogger Medan juga udah mengenalkan pada Nikmal tentang domain. Waktu itu sih, pas #KuDis Ramadhan, Nikmal sama Mbak Dewi sempat bincang-bincang masalah domain. Nikmal bilang sama dia, waktu itu Nikmal mau ganti domain. Mbak Dewi juga bilang kalau mau ganti domain coba beli di Qwords aja. Pas pulang, Nikmal cek ternyata memang murah-murah domain di sana. Cuman, belum kesampaian aja buat beli domain di sana. Yah, semoga suatu hari bisa kesampaian! *Aamiin*

Intinya sih, Blog itu sangat menguntung bagi Nikmal. Dengan Blog, Nikmal bisa mengekspresikan diri Nikmal, dan ekspresi itu diapresiasi dari berbagai komentar juga dapet hadiah lagi. Udah gitu, karena Blog Nikmal jadi dapat teman baru di Blogger Medan yang udah Nikmal anggap seperti Abang dan Kakak Nikmal sendiri. *By the way, Nikmal lo yang paling muda di Blogger Medan* Mereka semua itu care banget dengan Nikmal, orangnya juga asyik. Semoga apa yang mereka sudah beri sama Nikmal, baik ilmu maupun keseruannya, dapat menjadi amal jariyah bagi mereka semua. *Aamiin lagi*

And the last, Selamat Ulang Tahun buat Blogger Medan, Selalu semangat untuk beraksi ya! Harus semangat juga buat ngajarin apapun tentang Blog!

6 comments:

  1. Ternyata temanmu lebih banyak ketmbaang aku ya, sudah lupakan. Terima kasih, dik. Namaku berulang ulang kau tulis. Terima kasih karena komunitas Blogger Medan bisa membuatmu lebih baik dalam hal blogging, semoga pengetahuan yg dibagi setiap bulannya bisa membuat kita lebih aktif lagi, rajin menulis lagi. Yukk para blogger di Medan kita kumpul satukan suara.

    Salam blogging Nikmal
    *aku juga gak mau dipanggil mba*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ingat umur Mbak! Syukur lo nggak Nikmal panggil Ibuk. Klao Nikmal panggil Ibuk sih wajar aja,kan udah Bu Guru :p

      Delete
  2. hehehehe, mantep nih eh aku ganteng yaa,
    kwkwkw

    ReplyDelete
  3. baru baca nih mal, huwala banget ya namaku di tambah mbak tapi di coret #pfft
    ciye yang menang ciye ^^/ romantis banget kisah nikmal dan blognya~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buahahaha, masih romantisan rome sama juliet kok :)

      Delete