Kiat Jadi Gemax [Only Indonesian Version]


Apa yang terfikir saat berbicara tentang hoax? Sedikit banyaknya pasti kamu menyimpulkan hoax itu pemberitaan bohong. Entah kamu pelaku penyebarnya atau kamu yang mendapat berita hoax. Intinya, sekarang kamu harus dapat menempatkan dirimu sebagai generasi anti hoax.

Menyambung dari tulisan sebelumnya, yang mengajak para penyebar berita hoax agar tidak terjerat dalam kebohongan berita.Tentunya kita harus selalu memastikan sumber informasi yang terpercaya. Telaah kembali berita yang diberikan agar kita tidak berlarut-larut dalam berita hoax.

Yang terpenting lagi ialah kita jangan hanya membaca judul. Apalagi di saat ini kita sering kali malas untuk membaca. Banyak yang dari kita masih menganggap kalau judul sudah mewakili dari keseluruhan isi. Padahal nyata untuk saat ini tidak.

Setelah kamu baca isi beritanya dan kamu sudah menyaringnya, ada baiknya kamu mencari tahu siapa pembuat konten tersebut. Selanjutnya langkah yang tepat adalah kamu bisa diskusikan berita hoax tersebut kepada orang-orang terdekat. Boleh jadi kepada orang-orang yang cakap dalam tema atau topik yang berkaitan dengan berita tersebut.

Sekali lagi, saringlah sebelum sharing. Jadilah Gemax—Gerakan Muda Anti Hoax—yang berkomitmen selalu waspada terhadap berita-berita hoax.

Tulisan ini diterbitkan pertama kali di muda.dutadamai.id. Ilustrasi gambar oleh Ayu Lestari.

No comments:

Post a Comment