Buku Keluaran 2015 yang Wajib Kamu Baca [Only Indonesian Version]


“Istri itu seperti biji kopi sekelas Panama Geisha dan Ethiophian Yirgacheffe, Le. Kalau kita sebagai suami yang membuat kopi memperlakukannya tidak tepat, rasa terbaiknya tidak akan keluar. Aroma khasnya, rasa aslinya yang seharusnya tidak keluar, Le. Rasanya nggak pas. Butuh waktu lebih dari dua tahun dulu baru Ayah merasa sudah memperlakukan Ibu kamu sebagaimana seharusnya dia diperlakukan. Darimana Ayah tahu sudah bisa? Dari perlakuan Ibu ke Ayah. Memang butuh belajar lama, butuh banyak salah dulu juga, tidak apa-apa. Yang penting kita tekun, sabar, penuh kesungguhan, seperti kita membuat kopi, Le. Bedanya dengan kopi, kalau kita sudah bingung dan putus asa, bisa cari caranya di Internet. Tinggal google. Istri tidak bisa begitu, harus kita coba dan cari caranya sendiri.”
—Ayah, Critical Eleven halaman 55-56.

~

Kurasa, buku keluaran tahun 2015 yang wajib kamu baca ialah Critical Eleven. Honestly, this book is so nice. Dengan dua sudut pandang antara Ale dan Anya yang membuat pembaca selalu gereget dengan kisah mereka.

Aku benar-benar takjub dengan penulis novel ini yang kebetulan tinggal sekota denganku, kota Medan. Ya, Kak Ika Natassa. Kak Ika ini memang selalu mengeluarkan novel-novel bestseller seperti A Very Yuppy Wedding, Divortiare, Twivortiare, dan Antologi Rasa yang sebentar lagi filmnya akan kelar.

In the fact, Critical Eleven is a page-turner novel. Buktinya aku selalu membaca buku ini hingga habis. Mungkin aku hanya mengambil boarding pass-nya Ale dan Anya hanya untuk membatasi buku ini karena tiga alasan: aku ingin sholat Zuhur, aku ingin makan, aku ingin sholat Ashar—itupun saat buku ini sudah hampir habis tinggal beberapa lembar terakhirnya. Selebihnya aku baca tuntas buku ini dari sebelum Zuhur hingga saat Ashar sudah lewat beberapa menit.

Selain itu pula, gaya cerita Kak Ika yang storyteller banget yang membuat aku betah membaca novel ini. Dengan aksen dari tokoh itu sendiri, juga gaya bahasa yang pas untuk dibaca oleh semua kalangan. Udah begitu, ceritanya yang membuatku semakin gereget dan menerka-nerka apa yang terjadi dengan Ale dan Anya.

Ah, aku benar-benar speechless dengan karya Kak Ika ini. Sampai-sampai, aku tak tahu mau bilang apa lagi. Yang jelas, aku menikmati banget kisah Ale dan Anya ini. Kurekomendasiin deh buat kamu yang masih bingung cari bacaan disaat waktu kosong!

~

”Nya, orang yang membuat kita paling terluka biasanya adalah orang yang memegang kunci kesembuhan kita.”
—Tara, Critical Eleven halaman 252.

~ ~ ~

Judul: Critical Eleven
Penulis: Ika Natassa
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Desain Sampul: Ika Natassa
Editor: Rosi L. Simamora
Tebal: 344 halaman
No. ISBN: 978-602-03-1892-9


4 comments:

  1. Kemarin hampir beli novelnya Ika Natassa ini... :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok gak jadi beli kak Mol? Aaah, beli sana gih! :D

      Delete
  2. Ketika baca kamu bilang "page-turner", aku langsung penasaran.

    ReplyDelete