Ketawa-Ketiwi dibuat Novel The Chronicles of Audy: 4R




Judul: The Chronicles of Audy: 4R 
Genre: family, comedy 
Kategori: fiksi, novel remaja, novel lokal 
Penulis: Orizuka 
ISBN: 978-602-7742-21-5 
Ukuran: 13x19 cm 
Tebal: 320 halaman 
Harga: Rp. 53.000,00 
Terbit: Juli 2013
Hai. Namaku Audy. Umurku 22 tahun.
Hidupku tadinya biasa-biasa saja,
sampai kedua orangtuaku jatuh bangkrut karena ditipu.

 Aku hanya tinggal selangkah lagi menuju gelar sarjanaku.
 Selangkah lagi!

 Tapi kedua orangtuaku rupanya tega merusak momen itu.
 Jadi sekarang, di sinilah aku berada.
 Di rumah aneh yang dihuni oleh 4 bersaudara yang sama anehnya:
 Regan, Romeo, Rex dan Rafael.

 Aku, yang awalnya berpikir akan bekerja sebagai babysitter,
 dijebak oleh kontrak sepihak dan malah dijadikan pembantu!

 Terdengar klise?
 Mungkin, bagimu. Bagiku? Musibah!
 Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang mendadak jadi ribet.
 Kronik dari seorang Audy.

~ ~ ~

                Audy Nagisa—seorang sahabat Missyyang sedang menghadapi skripsinya untuk mendapatkan gelar sarjana. Mahasiswa Hubungan Internasional ini harus rela menjadi babysitter garis miring pembantu demi menghidupi dirinya untuk membayar kos dan uang kuliahnya. Ok, dijelaskan sedikit kenapa dia bisa ngekos? Dia kuliah di Universitas Gadjah Mada—Yogyakarta, sementara ia tinggal di Serang.

                Gini! Orang tuanya jatuh miskan karena tertipu oleh investasi—segala macam yang konyol—sehingga harta mereka menjadi—yah bisa dibilang—tinggal setetes. Audy harus berhemat-hemat. Enggak. Dia gak hanya harus berhemat-hemat. Ia harus cari jalan keluar juga supaya bisa membiayai uang kos dan uang kuliahnya sendirian. Ia benar-benar tidak mau bergantung dengan sahabatnya, Missy.

                Tingnong! Loker alias lowongan kerja di koran yang membawanya kemari. Menjadi Babysitter? Gak masalah. Dia sudah terbiasa dengan modal menggendong adiknya dulu. Tapi, pada nyatanya ia menjadi seorang babysitter garis miring pembantu di kediaman 4R.

R1 alias Regan: cool, anak pertama yang bertanggung jawab atas R2, R3, dan R4. Seorang pengacara.

R2 alias Romeo: secara penampilan berbeda seratus delapan puluh derajat dengan R1—you know-lah. Kerjaannya gamer, hacker, cracker. Ah, yang begituanlah pokoknya.

R3 alias Rex: si aroma peppermint ini jenius. Masih kelas 3 SMA, namun sudah menderita asma.

R4 alias Rafael: balita berumur empat setengah tahun ini sudah dewasa. Malah lebih pintar daripada Audy. Bayangkan. Ia mampu membaca RPUL—bahkan majalah Playboy—berkat ajarannya R2.

                Konyol banget! Tuhan, kasihan Audy. Bagaimana nanti kalau dia ...

*Pssst! Udah ah. Kamu gak capek apa dari tadi ceritanya. Nanti gak jadi kejutan lagi kalau aku baca.*

                Iya deh-iya. Aku berhenti bercerita. Yaudah, kali ini kita bahas dulu seluk beluknya. Emm, asyik sih dibilang. Beda sama karya Mbak Okke yang sebelumnya—yang Infinitely Yours. Kalau karya Mbak Okke yang sebelumnya kan “lumayan” mudah ditebak gimana jalan ceritanya. Terus, kalau karya Mbak Okke ini banyak memberikan kejutan.

                Oh iya, masalah konflik gausah ditanya lagi. Mbak Okke memang jago. Ok, bisa dibilang pertamanya klise. Tapi, gak ada yang bisa nebak cerita gimana selanjutnya. Gimana Audy kerja di rumah 4R dan lainnya. Ah, kronik betullah. Yang jelas, gak nyesel kok baca buku ini.

                Ada sedih. Ada senang. Ada kocak. Nah, itulah dia!

~ ~ ~

“Aku janji kamu nggak akan terganggu lagi sama perasaanku.”

—Audy, dalam novel The Chronicles of Audy: 4R ; halaman 193.

*Tutup novel The Chronicles of Audy: 4R, dan berharap semoga cepat kelar Book 2-nya.* 

He-eh, ada buku keduanya. Yang ini buku satu. Mungkin, buku keduanya berjudul The Chronicles of Audy: 4R1A. Ah, itu hanya mungkin. Yang jelasnya, coba tanya sama Mbak Okke saja.

No comments:

Post a Comment